Sabtu, 18 Maret 2017

mengurangi gadget (pada anak), bisa?

ketika mengikuti seminar parenting, baik online maupun offline, sering kita menjumpai pertanyaan "bagaimana melepaskan anak kita dari kecanduan gadget ya?"
pertanyaan yang sama.. mungkin kakak belum pada tahap kecanduan, tapi jika sedang merajuk kakak sering minta nonton video.
awalnya, saya ingin menyalahkan orang di rumah (yang sebenarnya adalah salah saya kenapa bukan saya yang ada di rumah), mungkin mereka terlalu bebas memberikan gadget ke anak..
but wait, anak adalah peniru yang ulung. anak seumuran kakak adalah spons yang memiliki daya serap tinggi, dan pengamat-peniru yang ahli.
anak-anak adalah makhluk canggih, jika ada kesalahan pada anak sudah pasti ada kesalahan kita dalam memrogramnya. astaghfirullah..
introspeksi..
kapan anak minta nonton video? ketika saya 'megang hp'. ketika perhatian saya tersedot pada layar kotak di tangan. ketika saya sendiri sedang kecanduan. ngapain sih megang hp?? (tanya pada diri sendiri) scroll timeline fb, ig, wa. penting???? harus banget????
coba alihkan pandangan sebentar, lihat tatapan anak ketika dia bicara. apakah anak berbicara dengan kita sambil meleng sana sini, atau fokus melihat kita?!! klo sambil meleng, berakhir sudah.. kita harus segera memperbaiki komunikasi kita dengan anak karena anak sudah mencontoh cara kita berkomunikasi dengannya.
klo tatapan mata anak kita masih sepenuhnya pada kita saat berbicara, bahkan ada binar-binar di matanya, selamat.. mungkin belum terlambat untuk berubah.. segera lepaskan tangan kita dari handphone. tatap dengan sayang anak kita saat bicara, ajak mereka bermain sebelum tiba masanya mereka memilih bermain dengan orang lain daripada kita (mewek)
jadi, sudah tau kan mbak kenapa anak kecanduan gadget? tau kan bagaimana cara agar anak lepas dari gadget? ya atasi dulu kecanduan mbak dengan gadget. seharian di kantor megang hp, ketemu anak cuma beberapa jam, bukan anak yang dipegang, tp masih saja hp. siapa yang ada di grup wa?! temen kantor? yang seharian sudah kita habiskan waktu bersama mereka? coba deh cek ke hati, masih ada rasa sayang pada anak atau jangan-jangan rasa sayangnya sudah pindah ke hahahihi di sosmed.. #tampartamparpipi
maaf ya Nak, mungkin bunda masih jauh dari sebutan bunda yang baik, mungkin bunda lalai selama ini.
tapi mulai sekarang bunda akan berusaha, bunda akan simpan hp bunda saat bersamamu, jika pun penting, bunda akan ijin jika terpaksa harus mengecek hp bunda. karena sudah terlalu banyak waktu bersama kita yang hilang karena bunda..
:'(
*ditulis pas kakak masih bobo*
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar