Kamis, 16 Juli 2020

Materi Kelima Bengkel Diri: Bijak dan Semangat Menyikapi Qadla dan Qadar

Fasilitator Ummi Roza


  • Takdir, Qadla, dan Qadar adalah ketetapan Allah.
  • Qadla adalah segala sesuatu yang telah ditetapkan Allah SWT, dan diluar jangkauan manusia untuk merubahnya. misal: jenis kelamin, segala sesuatu yang tampaknya dari manusia padahal dari Allah (rizki, kecelakaan, kesehatan)
  • Qadar: adalah takaran/ukuran yang Allah berikan kepada seluruh ciptaanNya. contoh: akal pada manusia untuk berfikir, suka terhadap lawan jenis, api bersifat panas, dll. adalah tanggung jawab manusia untuk menggunakan qadar sesuai pada fungsinya untuk meraih ridha Allah.
  • rasa lapar, tertarik pada lawan jenis, mata bisa melihat, adalah Qadar dan tidak akan dihisab karena sifatnya. Namun, bagaimana kita memanfaatkannya, bagaimana kita memenuhi kebutuhannya akan dihisab oleh Allah SWT. apakah kita memakan sesuatu yg haram, mata digunakan untuk melihat yg tidak seharusnya, kaki yang berjalan ke tempat maksiat, akan dihisab.
  • 6 langkah untuk memetik kebaikan dari takdir kita: 1) biasakan berfikir sebelum bertindak, apakah qadla atau pilihan? 2) introspeksi diri, walaupun itu qadla, ada gk peran kita sehingga bisa terjadi? 3) let it go. 4) akui peran kita jika kita salah 5) perbaiki 6) maafkan. 


Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar